Ampun dah Politik Indonesia

Friday, December 28th, 2018 - Opini Publik

Ampun dah politik Indonesia…

Ulama, mantan ketua MUI, cawapres fotonya diedit pakai topi sinterklas: Selamat Natal. Padahal bedanya Santa Claus sama Sinterklas belum tentu tahu. Bisa jadi yang edit-edit itu minum Coca Cola juga, yang sebenarnya ‘bertanggung jawab’ total atas populernya sinterklas di dunia. Sementara yang diserang adalah partai banteng moncong putih, yang ayah ketua umumnya adalah presiden RI pertama yang justru membuat kebijakan Sinterklas Hitam (melarang sinterklas di Indonesia) buat simbol menentang Belanda pada 1957.

Capres 02 joget, main dibilang lagu gereja/rohani kristen aja. Padahal bukan, itu Come On, Let’s Go (1958) Ritchie Valens. Kalau gak salah dulu kisahnya di film La Bamba pernah tayang di TV nasional. Si Ritchie ini mati muda karena kecelakaan pesawat dan menginspirasi Don McLean bikin American Pie (1971) —- The Day the Music Died. Madonna pernah cover lagu yang ada lirik tentang John Lennon dan Karl Marx-nya itu, yang kalau TNI tahu mungkin bisa dirazia juga karena disangka berbau komunis.

Kalau orang Katolik macam saya ini, yang namanya lagu gereja adalah lagu yang ada di buku Puji Syukur/Madah Bakti. Diterjemahkan ke berbagai bahasa. Di dalamnya ada lagu Bapa Kami Filipina yang kalau dulu saya bercanda sama teman-teman Katolik, saya bilang lagu rohani yang paling susah dihafal karena pakai Bahasa Tagalog.

Ada juga Hallelujah-nya Leonard Cohen yang suka disangka lagu rohani, padahal lagu itu kental adegan seks berbalut simbol-simbol alkitab. Lagu itu ada juga di film Shrek, yang nyanyi Rufus Wainwright, temannya Jeff Buckley, yang juga cover lagu ini. Ada juga I Don’t Know How to Love Him yang ditulis Tim Rice/Andrew Lloyd Webber, dibawain sama Helen Reddy (1971), yang suka disangka lagu kristen, gara-gara ada di film Jesus Christ Superstar tahun 1973. Padahal di film itu kental juga soal cinta dan seks. Ada adegan Maria Magdalena jatuh cinta dan berdua-duaan sama Yesus di tenda. Yang main jadi Yesus Kristus namanya Ted Neeley; yang jadi Maria Magdalena namanya Yvonne Elliman, yang waktu mudanya cakep banget. Kayak istri saya Ade Oktavina Roberta.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Komentar

Ampun dah Politik Indonesia | Agustinus Edy Kristianto | 4.5
error: