Belajar dari Berita Anak Jepang

Thursday, February 22nd, 2018 - Opini Publik

Berita yang bagus banget. Tentang perilaku dasar yang diajarkan kepada anak-anak di Jepang. Sebagian besarnya mirip dengan yang diajarkan di TK tempat Aruna sekolah.

Karakter dan sikap memang nomor satu. Pintar, kaya, jago itu bonus saja.
Anak-anak yang dididik sejak awal dengan standar perilaku dasar seperti di Jepang itu, kelak akan menjadi generasi yang luar biasa. Generasi yang berpikir tentang berkarya untuk kehidupan, mimpi dan gagasan besar, cita-cita teknologi untuk kemanusiaan, generasi yang unik dan punya karakter, generasi yang santun, jujur. Generasi yang tidak akan mungkin berbangga-bangga diri hanya karena moyang dan orang tuanya adalah pejabat atau konglomerat, yang kata Kasino Warkop, “Kayak duitnya halal aja.”

Racun kebencian cuma karena SARA; keserakahan karena jabatan, kekuasaan, dan uang; kesombongan cuma karena bergelar akademik; senang meributkan hal remeh; senang bergerombol dan dipuja-puji; munafik, licik, picik, dengki, iri, malas; sombong dan tidak bahagia; dsb bakal lenyap kalau kita memberikan standar perilaku dasar yang baik juga kepada anak-anak, seperti contoh di Jepang itu, negara yang jarang saya dengar ada gembar-gembor soal agama di sana.

Buka link ini:
https://japanesestation.com/inilah-isi-daftar-perilaku-dasar-yang-dijadikan-persyaratan-masuk-sd-di-jepang/

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Komentar

Belajar dari Berita Anak Jepang | Agustinus Edy Kristianto | 4.5
error: