Donald Trump-nya Indonesia

Tuesday, December 12th, 2017 - Opini Publik, Rumor

Donald Trump dan Hary Tanoesoedbjo (Foto: South China Morning Post)

April 2017, CNBC menulis begini: Negara dengan populasi muslim terbesar di dunia mempunyai seorang Donald Trump dalam versinya sendiri. Indonesia’s Donald Trump: HT. Salah satu media mogul di sini. CNBC juga menulis kemungkinan besar HT akan maju dalam pemilu presiden/wakil presiden 2019.

Tapi, saya tidak tahu persis apakah HT mendukung Trump soal Yerusalem sebagai ibukota Israel, seperti beberapa politisi Eropa. FYI. Kemarin, Washington Post menulis para penyokong Trump yang disebut sebagai Politisi Eropa Anti-Islam antara lain Presiden Ceko Milos Zeman, pemimpin partai PVV Belanda Geert Wilders, dan pemimpin Sayap Kanan Austria Hans-Christian Strache.

Namun, lepas dari soal Yerusalem, alur keberpihakan haruslah diteliti. HT adalah pintu masuk utama bagi kerajaan bisnis properti Trump di Indonesia (bahkan di Asia) melalui Trump International Hotels Management LLC. Dia adalah sosok yang paling tepat untuk “dipersalahkan” menyangkut segala tindak-tanduk dan reputasi Trump di Indonesia.

Saya baca di Laporan Keuangan Konsolidasi MNC Land Tbk/Kode: KPIG (Q3 2017/Unaudited). Perkembangan proyek hotel dan resort terbesar di Bali (103 hektare) kerjasama MNC Land —- melalui anak perusahan Bali Nirwana Resort/BNR —- dengan Trump Hotel lumayan pesat. Proyek ini disebut-sebut senilai US$1 miliar. Grup Pan Pacific, yang mengelola sejak 2010, sudah ditendang sejak 31 Juli 2017. Desain proyek selesai September 2017, dan awal 2018, pembangunan jalan.

Ada perjanjian lisensi antara BNR dan DT Marks Bali LLC (DTMB). Isinya BNR diizinkan untuk menggunakan nama “Trump” pada proyek residensialnya. Upfront fee sebesar US$1,5 juta (Rp20 miliar) sudah dibayarkan. Upfront fee dengan jumlah sama untuk penggunaan nama “Trump” juga sudah dibayarkan oleh MNC Land lewat anak perusahaan Nirwana Lido Parahyangan (NLP). NLP punya tanah seluas 10,3 juta m2/1.000 hektare (terdiri dari 478 sertifikat) di Lido yang akan dibangun proyek residensial, hotel, resort juga.

MNC Land sendiri adalah perusahaan publik yang asetnya per September 2017 sebesar Rp13 triliun.

Jadi jelas, di Bali —- tempat beberapa hari ini ribut karena seorang ustaz dihalau untuk ceramah —- dan Lido akan ada hotel, resort, residensial dengan nama Trump!

Cakep ya?

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Komentar

Donald Trump-nya Indonesia | Agustinus Edy Kristianto | 4.5
error: