Profesi-Profesi Unik Hukum dan Politik

Saturday, June 13th, 2015 - Hukum Pers

Orang Indonesia itu unik. Pemikirannya unik, cara nyari duitnya juga unik. Lupakan sebentar saja keluh-kesah terhadap kondisi pemerintahan yang begini-begini saja sejauh ini. Kita perlu perlebar wawasan dan sudut pandang. Supaya apa? Supaya kita sadar juga bahwa negara ini bukan hanya diatur atau milik tokoh yang itu-itu saja, pakar yang itu-itu saja, LSM yang itu-itu saja, dan seterusnya. Pun, wawasan yang selebar-lebarnya sangat penting supaya kita selalu merasa bodoh dan tak gampang memberikan label untuk menuding orang lain.

Sebulan terakhir saya cek kerjaan anak-anak yang membuat GRES DIREKTORI (direktori.gresnews.com). Dari situ saya tahu, setidaknya di DKI Jakarta dan sekitarnya, kehidupan hukum-politik kita begitu semarak. Begitu pula segala jenis jasa di bidang hukum-politik itu tersedia (soal main kotor atau bersihnya saya tidak tahu dan itu tidak kita bahas di sini). Yang jelas, banyak orang hidup di sini, mencari makan di sini, dan menggerakkan ekonomi arus menengah-bawah.

Dari 1.500-an LSM/Ormas yang terdaftar di Bakesbangpol DKI Jakarta setidaknya terlihat bahwa semua sudut kehidupan berbangsa dan bertanah air sudah dipantau. Mulai dari pemantau pendapatan dan kerugian negara, pemerhati alam pikir bangsa, pegiat peranan masyarakat, pemantau tingkah laku pejabat, pemantau listrik, pemberantas kemiskinan, hingga yang sangat ideal yaitu LSM Indonesia Next Level. Harusnya sih korupsi tidak ada, kalau lihat semua sudut sudah dipantau begini.

Jasa di bidang hukum-politik juga unik-unik. Ada pengacara khusus perceraian yang kalau kita lihat websitenya, sadar atau tidak sadar, membuat kita kepikiran ingin cerai dengan pasangan, mengingat begitu menariknya kemasan dan dasar hukum yang disampaikan. Kedutaan Besar AS ternyata juga mencantumkan pengacara-pengacara yang direkomendasikan untuk kasus perceraian.

Jasa pengurusan izin seabrek-abrek di Jakarta. Izin bikin PT sampai izin pemakaman ada. Bahkan pengurusan izin adopsi anak ada yang bisa bantu.

Ada juga profesi-profesi yang kita bisa tahu namanya tapi alamat dan kontaknya justru susah diketahui. Seorang teman kurator bercanda, kalau ada kurator yang alamatnya muncul ke permukaan, berarti si kurator itu kasusnya sedikit, bukan termasuk kalangan surga pailit.

Kalau pengacara, banyak ragamnya. Ada pengacara yang tipenya Soldier of Fortune. Jadi partner di mana-mana. Ada pengacara yang tipenya hangat, di websitenya ada foto dia bersama kucing kesayangan. Tapi fakta yang menggemaskan adalah banyak sekali pengacara yang menggunakan email yahoo dan gmail dengan username yang kocak-kocak. Konon pengacara itu tak boleh beriklan, berpromosi. Tapi banyak cara untuk menyampaikan tawaran jasa mereka tanpa mungkin melanggar UU Advokat.

Soal letak kantor, silakan lihat sendiri di Google Maps (yang versi live). Ada kantor advokat yang samping kirinya tukang es limun, samping kanannya tukang tambal ban. Ada juga yang letaknya dekat sekali dengan laut. Ada juga yang lantainya kelebihan. Disebut gedung A lantai 5, padahal di situ cuma sampai lantai 4. Menarik.

Ya, begitulah kehidupan di Jakarta. Ramai. Semoga kita dan mereka semua sukses karena usaha dan keringat kita sendiri.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Komentar

Profesi-Profesi Unik Hukum dan Politik | Agustinus Edy Kristianto | 4.5
error: