Nilai, Etik, Etos Forum Pemred?

Friday, June 14th, 2013 - Bisnis Media

Amat disayangkan. Ajang sekelas Forum Pemred cuma menghasilkan perdebatan seputar kondom, transaksi politik, makan malam berbayar, dan hal rendahan lainnya. Jauh dari bayangan saya bahwa Forum itu meributkan tentang bagaimana informasi/media menjadikan manusia lebih beradab, menciptakan keadilan buat orang banyak, dan menggugah relasi yang lebih bermakna antarsesama manusia.

Tema intervensi pemilik media, sponsor di balik acara, dan rencana mengatur isu 2014 tampaknya masih lebih diminati.

Di World Innovation Forum New York–yang waktunya bersamaan dengan Forum Pemred–orang sudah bicara tentang mencari solusi kreatif, bagaimana menciptakan kultur inovatif, menciptakan relasi makna antara hidup dan kerja.

Soal perkembangan media, orang lain sudah berdebat tentang horizon baru media: bagaimana mengembangkan basis data dan teknologi, distribusi informasi yang beretika dan adil, serta interaksi manusia dan komputer/teknologi yang bermanfaat bagi peradaban.

Pendeknya, Forum Pemred tidak menghasilkan sebuah nilai, etik, dan etos. Tiga hal penting untuk menyelesaikan masalah mental manusia Indonesia yang menghambat kemajuan dan kejayaan bangsa.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Komentar

Nilai, Etik, Etos Forum Pemred? | Agustinus Edy Kristianto | 4.5
error: